Home » » Doa Niat Zakat Fitrah Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Doa Niat Zakat Fitrah Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Doa Niat Zakat Fitrah Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya - Bulan ramadhan adalah salah satu keistimewaan dan tanda kasih sayang Allah SWT kepada umat islam. Mengapa demikian?


Sumber: fahkrikomunika.wordpress.com

Di bulan ramadhan, adalah bulan umat dimana semua hal baik dan ibadah yang kita lakukan akan mendapatkan ganjaran berlipat ganda dari Allah SWT. Di bulan puasa juga, kita diberikan kesempatan untuk kembali bersih dari dosa yang kita lakukan dimasa lalu, dengan melakukan banyak ibadah seperti puasa ramadhan, melakukan shalat tarawih, dan masih banyak lagi ibadah yang bisa kita lakukan. Di bulan ramadhan, Allah SWT juga membuka pintu taubat sebesar-besarnya dan kita sebagai umat nabi muhammad SAW diberikan kesempatan untuk bertaubat dengan catatan kita melakukannya dengan sungguh-sungguh dan tidak akan melakukan dosa lagi setelahnya.

Selain membuka pintu taubat, di bulan ramadhan juga ada satu lagi ibadah dan keistimewaan yang Allah SWT berikan pada umat islam diseluruh dunia. Meski selalu dikerjakan di bulan ramadhan, namun tidak banyak orang yang mengenal bahwa ibadah satu ini hukumnya wajib bagi umat muslim. Ibadah apakah itu? Ya, benar sekali! Zakat fitrah! 

Di bulan ramadhan, kita sebagai umat islam diwajibkan untuk membayar zakat fitrah selain mendapatkan pahala, zakat fitrah sesuai dengan namanya membawa kita kembali ke fitrah, kembali suci sebagai umat manusia. Dengan zakat fitrah kita juga membersihkan harta kita dan memberikan kebahagiaan pada orang lain yang lebih membutuhkan dibandingkan kita, dan dengan begitu kita juga bisa belaar untuk bersyukur bahwa ternyata dibandingkan dengan yang lain, kita memiliki hidup yang lebih baik.

Selain beberapa manfaat tentang zakat fitrah, seperti yang dilansir oleh manfaat.co.id, berikut ini 15 manfaat zakat fitrah yang harus anda tahu!



15 Manfaat Zakat Fitrah

1. Membersihkan Harta

Salah satu dari manfaat zakat fitrah adalah membersihkan pahala orang yang berpuasa dan berbagai perbuatan sia-sia dan kesalahan sehingga seorang yang berpuasa dapat meraih kesempurnaan pahala puasanya.
2. Membantu Orang Miskin

Memberi makan kepada orang miskin, sehinga mereka juga merasakan kegembiraan di Hari raya Sebagaimana yang dirasakan oleh orang yang lebih mampu.
3. Memberi Umur Panjang

Zakat Fitrah merupakan zakat diri, dimana Allah memberikan umur panjang baginya sehingga ia bertahan dengan Nikmat-Nya.
4. Menumbuhkan Ahklak Mulia

Manfaat zakat fitrah yang lainnya juga sebagai perwujudan keimanan kepada Allah SWT, mensyukuri nikmat-Nya menumbuhkan akhlak mulia dengan rasa kemanusiaan yang tingi, menghilangkan sifat kikir, rakus, dan materialis.
5. Memberikan Ketenangan

Setelah menunaikan zakat fitrah, diri kita masing-masing juga akan merasa lebih tenang, tidak ada beban, dan secara kondisi sudah merasaka tenang karena sudah menjalani tanggung jawab dan kewajiban yang ada.
6. Menghilangkan Sifat Negatif

Ketika kita menunaikan zakat fitrah, selain warga miskin dapat terpenuhi kebutuhannya karena bantuan kita, kita yang menjalankan kewajiban ini juga akan terhindar dari bahaya kekufuran, sekaligus menghilangkan sifat iri, dengki dan hasad yang mungkin timbul dari kalangan mereka, ketika kita melihat orang kaya yang memiliki harta cukup banyak. Inilah manfaat zakar fitrah yang tidak banyak orang sadari.
7. Sebagai Pilar Amal Bersama

Ketika orang kaya memberikan bantuan kepada rakyat miskin yang membutuhkan seperti ini, hal ini akan menjadi sebuah pilar amal bersama, dimana antara orang-orang kaya dengan para mujahid yang seluruh waktunya digunakan untuk berjihad di Jalan Allah.
8. Sebagai Bentuk Jaminan Sosial

Selain sebagai pilar amal bersama, zakat juga merupakan salah satu bentuk konkret dari jaminan sosial yang disyariatkan oleh ajaran Islam, Melalui syariat zakat, kehidupan orang-orang fakir, miskin dan orang-orang yang menderita lainnya, akan terpehatikan dengan baik.
9. Meningkatkan Rasa Syukur

Sebuah tindakan seseorang dalam menunaikan zakat fitrah disini, tentunya dia akan mengorbankan sebagian makanan pokoknya atau sebagian hartanya untuk di zakatkan, ketika ini tentunya orang tersebut mengetahui bahwa dia menjalankan zakat ini adalah termasuk bentuk rasa syukur terhadap pemberian Allah SWT.
10. Membiasakan Disiplin

Ketika kita membayar zakat fitrah, terutama dalam pembayaran zakat fitrah disini ada batas waktunya, hal inilah yang membuat kita secara pribadi ketika hendak menjalankan zakat fitrah harus sesuai dan tepat pada waktunya, jadi ketika kita sebagai umat muslim mampu menunaikan zakat fitrah di waktu dan tiap tahun sesuai dengan kewajiban, maka kita juga melatih diri kita untuk lebih disiplin. Disini juga merupakan sisi moril dari manfaat zakat fitrah.
11. Menumbuhkan Sikap Saling Tolong Menolong

Pada aspek ini, ketika seseorang memberikan zakat fitrah kepada warga miskin, tentunya tak secara langsung mereka orang kaya atau para umat muslim yang mampu membantu warga miskin yang membutuhkan. Sikap seperti inilah yang disebut tolong menolong.
12. Melengkapi Keimanan dan Keislaman Seseorang

Karena memang zakat dan membayar zakat ini termasuk bagian dari rukun islam . Apabila seseoran telah melakukannya, maka keislamannya pun juga akan lebih lengkap dalam artian tanggun jawab seorang muslim sudah di lakukkannya dengan menunaikan zakat.
13. Solidaritas Dalam Kesatuan Umat Manusia

Pada aspek ini, orang yang mampu akan memberikn bantuan kepada orang yang kurang mampu. Disini tentunya tidak akan ada pembatas antar si kaya dan si miskin Zakat Fitrah disini menyatukan umat muslim yang berbeda derajatnya, karena sesungguhnya Allah SWT hanya menilai dari tingkat iman dan taqwanya.
14. Mencegah Bencana Yang Merugikan

Diketahui, Hadist Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam yang berbunyi :”Tidaklah suatu kaum enggan mengeluarkan zakat dari harta-harta mereka, melainkan mereka akan dicegah dari mendapatkan hujan dari langit. Sekiranya bukan karena binatang-binatang ternak, niscaya mereka tidak diberi hujan.” (HR. Ibnu Majah).
15. Menjadi Sebab Masuk Surga

Diketahui , Hadist Rasulullah SAW yang artinya :”Sesungguhnya di surga terdapat kamar yang luarnya dapat terlihat dari dalamnya dan dalamnya dapat terlihat dari luarnya.” Kemudian ada seorang badui berdiri lantas bertanya, “Kepada siapa (kamar tersebut) wahai Rasulullah?” Beliau bersabda, “Bagi orang yang berkata baik, memberi makan (di antaranya lewat zakat, pen), rajin berpuasa, shalat karena Allah di malam hari di saat manusia sedang terlelap tidur.” (HR. Tirmidzi ).
Banyak sekali bukan manfaat zakat fitrah? Dan tentu saja sama seperti semua hal yang kita lakukan, dan sama seperti yang sudah kita bahas di artikel sebelumnya, bahwa dalam islam, semua hal harus diawali dan diakhiri dengan sebuah doa. Begitu pun dengan zakat fitrah, sama seperti puasa yang memiliki bacaan niat, zakat fitrah juga memiliki doa niat zakat fitrah lengkap dengan bahasa arab, latin, dan artinya yang harus anda baca sebelum melakukan zakat fitrah!



Doa Niat Zakat Fitrah Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

1. Doa Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri


Doa Niat Zakat Fitrah Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinyaنَوَيْتُ اَنْ اُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ نَفْسِىْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN NAFSII FARDLOL LILLAAHI TA'AALAA

 Artinya :
Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah pada diri saya sendiri, fardhu karena Allah Ta'ala


2. Doa Niat Zakat Fitrah Untuk Istri

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ زَوْجَتِيْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى 

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN ZAUJATII FARDHOL LILLAATI TA'AALAA
 Artinya :
Saya niat mengeluarkan zakat fitrah atas istri saya fardhu karena Allah Ta'ala


3. Doa Niat Zakat Fitrah Untuk Anak Laki-Laki


نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ وَلَدِيْ... فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى 

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN WALADII (Sebutkan Nama Anaknya) FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA

 Artinya :
Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak laki-laki saya (sebut namanya) Fardhu karena Allah Ta’ala

4. Doa Niat Zakat Fitrah Untuk Anak Perempuan




نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ بِنْتِيْ... فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى 

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN BINTII (Sebutkan Nama Anaknya) FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA

 Artinya :
Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak perempuan saya (sebut namanya), fardhu karena Allah Ta’ala


5. Doa Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri dan Keluarga


نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنِّىْ وَعَنْ جَمِيْعِ مَا يَلْزَمُنِىْ نَفَقَاتُهُمْ شَرْعًا فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى 

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'ANNII WA'AN JAMII'I MAA YALZAMUNII NAFAQOOTUHUM SYAR'AN FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA

 Artinya :
Saya niat mengeluarkan zakat atas diri saya dan atas sekalian yang saya diwajibkan memberi nafkah pada mereka secara syari’at, fardhu karena Allah Ta’aala.


6. Doa Niat Zakat Fitrah Untuk Orang Yang Diwakilkan

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ (…..) فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى 

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN (Sebutkan nama orangnya) FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA
 Artinya :
Niat saya mengeluarkan zakat fitrah atas…. (sebut nama orangnya), Fardhu karena Allah Ta’ala

 Bagi anda yang masih bingung, jangan khawatir, anda bisa datang ke masjid dan meminta pengurus masjid atau panitia zakat untuk membantu anda membaca doa niat zakat fitrah lengkap dengan bahasa arab, latin, dan artinya. Dengan membaca doa zakat fitrah, kita berarti menyempurnakan ibadah yang kita lakukan.
Terima kasih sudah membaca artikel Doa Niat Zakat Fitrah Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya. Semoga bermanfaat!