Home » , » Mengapa Kucing Begitu Menyukai Kotak? Ini Jawabannya

Mengapa Kucing Begitu Menyukai Kotak? Ini Jawabannya

Mengapa Kucing Begitu Menyukai Kotak? Ini Jawabannya - Apakah Anda penggemar kucing? Jika ya, tentu tidak jarang Anda melihat kucing kesayangan Anda masuk ke kotak, tidak peduli apakah itu kotak besar, kotak kecil, bahkan kotak rusak sekalipun. Felis sylvestris catus atau yang disebut juga kucing rumahan memang sudah sangat terkenal menyukai kotak, kebiasaan mereka itu pun menarik perhatian para peneliti. Sayangnya para peneliti sering merasa kesulitan karana kucing bukanlah hewan yang mudah untuk diuji coba. Lantas apa hubungan kotak dan kucing? Mengapa kucing begitu menyukainya? Inilah jawabannya.

Mengapa Kucing Begitu Menyukai Kotak? Ini Jawabannya
www.wired.com

 

1. Merasa Aman 


Claudia Vinke, seorang peneliti tingkah laku hewan di Utrecht University, Belanda, baru-baru ini meneliti tingkat stres pada penampungan kucing. Berdasarkan laporan dariDailymail, Vinke mengambil kesimpulan bahwa kucing yang gemar berada di dalam kotak atau kardus bisa menjadi lebih cepat untuk terbiasa dengan lingkungan baru tempat tinggalnya saat ini. 

Alasannya adalah karena kotak atau kardus bisa menjadi mekanisme perlindungan bagi kucing (coping mechanism) mengingat kebanyakan kucing akan stres bila tiba-tiba dibawa ke tempat tinggal yang baru, dengan begitu berlindung di dalam kotak adalah tempat teraman bagi mereka. 

Selain itu, kotak juga dianggap tempat ternyaman bagi kucing untuk tidur mengingat kucing membutuhkan 18-20 jam sehari untuk beristirahat.

Mengapa Kucing Begitu Menyukai Kotak? Ini Jawabannya
Mengapa Kucing Begitu Menyukai Kotak? Ini Jawabannya
www.wired.com

 

2. Cara Kucing Menghindari Masalah 


Ini adalah teori dari The Domestic Cat: The Biology of its Behaviour yang dilansir dari Cambridge.org, ternyata kucing bukanlah jenis hewan yang mampu menyelesaikan konfliknya. 

"Kucing bukanlah hewan yang bisa menunjukkan strategi penyelesaian konflik seperti halnya spesies lain yang suka berteman dan bersosialisasi dengan spesies mereka sendiri. Jadi mereka mungkin berusaha untuk membatasi diri untuk bertemu dan bertemana dengan kucing-kucing lainnya." 

Jadi tidak heran jika sesama kucing sering berkelahi dengan kucing lain karena pertemuan mereka tidak dianggap sebagai teman, melainkan musuh. Karena alasan itu pula kucing lebih suka menyendiri di dalam kotak daripada bersosialisasi dengan kucing lainnya. Bagi kucing, kotak adalah tempat ternyaman untuk menghabiskan waktu sendiri tanpa ada gangguan dari luar.

Mengapa Kucing Begitu Menyukai Kotak? Ini Jawabannya
Mengapa Kucing Begitu Menyukai Kotak? Ini Jawabannya
www.wired.com

 

3. Salah Satu Cara Menghangatkan Diri 


Berdasarkan penelitian National Research Council pada 2006 silam mengungkapkan bahwa temperatur yang paling disukai kucing rumahan sehingga mereka merasa nyaman adalah suhu 30-36 derajat Celsius. 

Bagi mereka, berada di dalam kotak merupakan pilihan terbaik daripada keluar rumah dan berjemur di bawah matahari. Kotak atau kardus memiliki kualitas isolasi panas yang baik.

Baca juga: