Home » » Pernah Merasa Terjatuh Saat Tidur? Inilah Penyebabnya!

Pernah Merasa Terjatuh Saat Tidur? Inilah Penyebabnya!

Pernah Merasa Terjatuh Saat Tidur? Inilah Penyebabnya! - Sensasi jatuh dari ketinggian saat tidur memang sering dialami oleh siapa saja. Tiba-tiba saja Anda merasa seperti terjatuh dengan detak jantung yang kencang, selanjutnya Anda pun terjaga. Fenomena sensasi terjatuh ketika tidur ini dikenal juga dengan istilah hypnic jerk.

Pernah Merasa Terjatuh Saat Tidur? Inilah Penyebabnya!
www.nosleeplessnights.com

Sebenarnya tidak ada penyebab pasti mengapa hypnic jerk itu terjadi, namun menurut seorang psikolog bernama Tom Stafford, perasaan terjatuh saat tidur merupakan efek samping dari pertempuran tersembunyi kontrol otak yang terjadi setiap malam di puncak antara sadar dan mimpi.

Pada otak manusia terdapat dua sistem syaraf, yaitu syaraf ventrolateral preoptic nucleus atau VLPO yang berfungsi untuk memberi efek mengantuk dan syaraf Reticuler Activating System yang berfungsi untuk mengatur rasa siaga atau rasa terbangun pada manusia.

Perasaan jatuh ketika sedang tidur itu terjadi bila kedua syaraf tersebut saling tarik menarik untuk mengontrol rasa kantuk dan siaga. Karena itulah biasanya hypnic jerk terjadi di awal tidur atau saat seseorang tidak sepenuhnya tertidur.

Pernah Merasa Terjatuh Saat Tidur? Inilah Penyebabnya!
www.greenarea.me

Ketika syaraf VLPO sedang bekerja untuk menimbulkan rasa kantuk agar kita tertidur nyenyak, adakalanya syaraf Reticuler Activating System justru belum sepenuhnya ter-non-aktifkan. Hal itu tentu diluar kendali manusia, namun pemicu hypnic jerk bisa terjadi antara lain karena stres, alkohol, terlalu banyak mengkonsumsi kafein, terlalu banyak berolahraga berat di malam hari, tubuh terlalu lelah dan tidur di posisi yang tak nyaman. Maka sebaiknya Anda menghindari hal-hal tersebut sebelum tidur.

Baca juga: