Home » » Ciri-Ciri Kucing Hamil dilihat dari Perilaku dan Perubahan Fisiknya

Ciri-Ciri Kucing Hamil dilihat dari Perilaku dan Perubahan Fisiknya

Hai cat lovers apakah kalian tahu berapa masa kehamilan pada kucing? Oke langsung saja simak penjelasannya. Masa kehamilan kucing adalah sekitar 9 minggu. Apabila kucing sedang hamil akan mulai menampilkan perubahan fisik dan perilaku "Wikipedia". Jika Anda tahu bagaimana bentuk perubahan ini, dapat membantu Anda menentukan apakah kucing anda memang hamil. Cara terbaik untuk mengetahui secara pasti yaitu membawa kucing anda ke dokter hewan. Kecuali anda seorang peternak kucing profesional, anda harus mengetahui ciri-ciri kucing hamil dengan memperhatikan perubahan secara fisik dan perilaku.

[1]. Mengenali Tanda Kesuburan Kucing

ciri ciri kucing hamil


1. Menentukan apakah kucing anda subur. Jika kucing anda memang subur dan baru-baru ini sering agresif itu salah satu tanda kalau kucing anda sedang hamil. Kucing betina menjadi aktif secara seksual ketika cuaca menjadi agresif, biasanya antara musim semi dan musim gugur. Seekor kucing betina dapat memulai siklus estrus nya (masuk ke sifat agresif) setelah cuaca menjadi lebih hangat.

2. Perhatikan perilaku seks. Ketika kucing sudah masuk ke cuaca hangat, dia akan menampilkan perubahan perilaku yang dimaksudkan untuk menarik pasangan yang akan berlangsung sekitar empat sampai enam hari. Seekor kucing hendak masuk ke panas awalnya akan menampilkan tanda-tanda kegelisahan, menjadi lebih mesra, mulai membuat panggilan rendah, dan telah meningkatkan nafsu makan. 
Ketika kucing masuk ke cuaca panas, dia akan mulai "memanggil" mengeong atau mendesis sering dan menerus dan mungkin kehilangan selera makannya. Seekor kucing di cuaca panas akan menjadi jauh lebih sayang terhadap orang, dia akan berguling-guling, dan akan menopang bagian belakangnya di udara sementara menginjak kaki punggung dan memegang ekornya ke samping.

3. Memahami implikasi kucing menjadi agresif. Jika anda melihat kucing anda baru-baru ini menjadi agresif, kemungkinan itu ciri-ciri kucing hamil. Setelah menjadi agresif, kucing akan masuk ke dalam "fase tenang" yang berlangsung sekitar 8-10 hari, di mana perilakunya akan tenang. Setelah fase tenang, namun, kucing anda akan menjadi agresif lagi dan terus menjadi agresif sampai periode antara April dan September.

[2]. Mencari Tanda Perubahan Fisik

ciri ciri kucing hamil 2

1. Periksa puting membesar. Pada periode 15-18 hari dalam kehamilan, ciri-ciri kucing hamil biasanya puting betina akan "merah muda up," atau menjadi merah dan membesar. Payudaranya mungkin membesar, dan ia dapat mengeluarkan cairan susu. Jadi ingatlah bahwa puting tumbuh tidak eksklusif menandakan indikasi kehamilan.

2. Mencari bentuk "burro" karakteristik. Dari samping, kucing hamil sering terlihat agak gemuk, dengan perut yang sedikit bulat dan menggembung. Jika kucing Anda hanyalah kelebihan berat badan, dia akan lebih berat di seluruh, termasuk leher dan kakinya, dan bukan hanya di perutnya.

3. Perilaku bersarang. Beberapa hari sebelum dia akan melahirkan, kucing anda akan mulai menampilkan perilaku bersarang saat ia mempersiapkan untuk kedatangan anak nya. Kucing anda mungkin pergi ke tempat yang tenang seperti lemari dan mulai mengatur selimut, handuk, atau kain lainnya untuk membuat tempat untuk melahirkan anak-anaknya.

4. Selain itu ada perubahan fisik lain yaitu bulu kucing sering rontok walaupun tidak hanya kucing hamil saja tapi bisa menjadi pertimbangan apabila tanda diatas sebelumnya sudah dikenali.

[3]. Cara Merawat Kucing Hamil

ciri ciri kucing hamil 3

1. Membawa kucing anda ke dokter hewan. Jika anda berpikir dia mungkin hamil. Dokter hewan dapat mengkonfirmasi kehamilan dan menyarankan Anda merawat kucing. Tanyakan dokter hewan Anda tentang merawat kucing betina dan mempersiapkan kelahiran. Memiliki dokter hewan memeriksa perut betina setelah sekitar 17-25 hari, seorang dokter hewan yang berpengalaman biasanya dapat merasakan embrio. 

2. Jika dokter hewan tidak yakin setelah merasakan embrio pada kucing anda silahkan untuk meminta USG. Mereka malah dapat menggunakan USG untuk menentukan apakah kucing anda hamil,dan menentukan berapa banyak anak-anak kucing. Dokter hewan akan dapat mendeteksi detak jantung janin pada 20 hari kehamilan dengan USG.

3. Meminta dokter hewan untuk mengambil radiografi (sinar-X). Pada sekitar 45 hari kehamilan, kerangka anak-anak kucing dapat dilihat dengan x-ray, yang akan mengkonfirmasi kehamilan dan jumlah anak kucing dalam perut induknya. Dokter hewan biasanya akan mengambil dua x-ray untuk mendapatkan pemandangan perut dan menghitung anak kucing sementara juga mencari potensi masalah. X-sinar ini tidak akan menyakiti induk atau anak kucing. X-ray lebih baik digunakan untuk menghitung janin dari USG, meskipun masih tidak 100% akurat.

4. Menghindari vaksinasi, cacingan, atau memberikan obat untuk kucing anda jika dia hamil. Vaksin khususnya dapat membahayakan induk atau anak-anaknya selama kehamilan. Konsultasikan ke dokter hewan anda sebelum memberikan obat apapun, termasuk dewormer setelah dia melahirkan, anak-anak kucing.

5. Meningkatkan asupan kalorinya dalam beberapa minggu terakhir kehamilannya. Anda mungkin akan melihat mengkonsumsi lebih banyak makanan dan berat badan naik saat ia semakin dekat kelahirannya. Karena anak-anak kucing yang berkembang pesat selama sepertiga terakhir kehamilan, anda harus memberi makan kucing anda pada pertumbuhan (anak kucing) mencoba diet untuk menyediakan kalori yang cukup.

6. Menjaga induk di dalam selama beberapa minggu terakhir kehamilan. Jika kucing anda semakin dekat dengan kehamilannya, hati-hati untuk menjaga agar terus berada di dalam sehingga dia tidak akan menemukan tempat di luar untuk melahirkan anak-anak kucing. Lebih baik jika anda mempersiapkan sarang atau whelping box untuknya di dalam rumah. Tempatkan kotak yang hangat, kering, tempat yang tenang di rumah dan berikan alas kotak dengan koran atau handuk atau selimut. Mengatur makanan, air, dan kotak sarang kucing anda dekat dan mendorong dia untuk tidur dalam kotak itu di hari-hari menjelang kelahiran.

Terima kasih cat lovers telah meluangkan waktu untuk membaca artikel saya. Semua isi artikel yang saya buat di atas adalah hasil dari perpaduan sumber dari wikipedia dan video youtube. Jika kalian ingin melihat videonya silahkan lihat video ciri-ciri kucing hamil dibawah ini: