Home » , , » Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri (Antar Bank Mandiri)

Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri (Antar Bank Mandiri)

Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri (Antar Bank Mandiri) - Tidak dapat disangkal, saat ini uang sudah berubah menjadi kebutuhan manusia yang paling pokok. Ini karena, saat ini hampir semua hal dibeli dengan uang, dan nyaris tidak ada barang atau kebutuhan pokok lainnya yang bisa didapat secara cuma-cuma.


Sumber: mizabarly.wordpress.com

Terkadang, ada kalanya disaat kita sedang pergi jauh dari rumah ke suatu daerah, dan kehabisan uang, satu-satunya cara untuk mendapatkan uang dengan cepat adalah dengan menghubungi keluarga yang ada dirumah. Setelah itu, mereka akan pergi ke kantor pos dan mengirimkan uang, karena butuh waktu beberapa hari untuk tukang pos mengantarkan uang kiriman anda, tentu anda harus menunggu untuk waktu yang cukup lama.

Saat ini, hal tersebut sudah tidak berlaku lagi. Memang kantor pos masih digunakan untuk mengirim surat, lamaran kerja, atau uang, namun untuk hal yang terakhir, sudah sangat jarang dilakukan. Sudah sangat jarang sekali kita menemukan orang yang mengirim uang lewat pos atau perusahaan sejenis. Mengapa demikian?

Ini karena, sekarang kita semua memiliki cara lain untuk mengirim dan mengambil uang dengan lebih cepat tanpa perlu menunggu selama beberapa hari. Yup, mesin ATM! Seiring perkembangan jaman, perusahaan perbankan mulai melakukan banyak pembaharuan dan memberikan penggunanya berbagai fasilitas, salah satunya adalah dengan menempatkan banyak mesin ATM diseluruh wilayah Indonesia. 

Dengan menggunakan mesin ATM, kita dapat menggunakan beragam fasilitas, seperti salah satunya adalah dengan mengambil, atau mengirim uang kapan pun kita mau. Namun, meski saat ini mesin ATM sudah dapat dijumpai dimana-mana, ada banyak orang yang terkadang masih sangat kebingungan bagaimana cara mentrasfer atau mengirim uang dengan menggunakan mesin ATM. Jika anda adalah salah satu orang yang masih kebingungan, jangan khawatir, berikut ini kami akan memberikan tutorial Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri  (Antar Bank Mandiri) yang bisa membantu anda semua!

Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri (Antar Bank Mandiri)

1. Datangi mesin ATM Mandiri yang berada disekitar tempat anda tinggal. 



2. Masukkan kartu ATM Mandiri anda, oh ya dan pastikan anda memiliki jumlah saldo yang cukup untuk mentrasfer uang ke seseorang.
3. Pilih bahasa yang akan anda gunakan, selama memakai mesin ATM Mandiri. Ada 2 pilihan bahasa, yaitu bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris/English. Pilih bahasa Indonesia, jika anda tidak terbiasa menggunakan bahasa Inggris.



4. Setelah memilih bahasa yang akan anda gunakan, masukkan pin kartu ATM Mandiri anda. Beberapa tahun yang lalu ATM Mandiri menggunakan 4 digit nomor pin pada setiap kartu ATM, tapi saat ini 4 digit sudah diubah menjadi 6 digit. (Mengingat saat ini sangat sering terjadi tindak kejahatan dengan mesin ATM, pastikan tidak ada seorang pun yang tahu nomor PIN Mandiri anda)



5. Setelah memasukkan nomor PIN, anda akan masuk ke dalam menu utama. Menu Utama terdiri dari beberapa pilihan yaitu: 
   1) Pilihan Penarikan Tunai (Untuk pecahan uang 50.000):
       a) 100.000
       b) 300.000
       c) 500.000
       d) 1000.000
   2) Bayar/Beli
   3) Penarikan Jumlah Lainnya (Jika anda ingin mengambil uang dengan jumlah diluar nominal diastas)
   4) Mandiri Prabayar
   5) Transaksi Lainnya
Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri (Antar Bank Mandiri)

6. Bagi anda yang ingin mentransfer/mengirim uang kepada rekening Mandiri lainnya, maka pilih menu Transaksi Lainnya.



7. Setelah memilih menu Transaksi Lainnya, kita akan dihadapkan pada pilihan menu lainnya yaitu:
   1) Informasi Saldo untuk melihat informasi saldo yang saat ini anda miliki.
   2) Informasi Pinjaman untuk melihat informasi pinjaman.
   3) Cetak Resi Mandiri SMS untuk mencetak resi/tanda bukti pembayaran Mandiri sms.
   4) Ubah PIN untuk mengubah pin ATM anda.
   5) Transfer untuk mengirimkan dana kepada nomor rekening lainnya.
   6) Pendaftaran E-Banking untuk digunakan mendaftar internet banking Bank Mandiri (Mandiri Internet, Mandiri SMS, dan Mandiri Call)
   7) Cetak Mutasi untuk mencetak Mutasi.
8. Pilih menu Transfer untuk mengirimkan uang ke rekening Mandiri lainnya.
9. Maka akan muncul menu Transer yang terdiri dari: 
   1) Visa Money Transfer untuk transfer visa money.
   2) Ke Rekening Mandiri untuk transfer ke rekening mandiri.
   3) Ke Rekening Bank lain untuk transfer uang ke rekening dari bank lain.



10. Untuk mentransfer ke rekening Mandiri, pilih menu Ke Rekening Mandiri dan masukkan nomor rekening tujuan. Cek rekening nomor tujuan, jika sudah benar, tekan 'Benar', jika rekening salah, pilih 'Salah'.



11. Jika nomor rekening sudah benar, maka masukkan jumlah nominal transfer, cek jumlah lalu tekan 'Benar'.



12. Setelah itu pada layar akan muncul konfirmasi, cek tujuan rekening dan jumlah nominal, jika sudah sesuai, pilih 'Benar'.



13. Tunggu beberapa saat hingga sistem memproses permintaan tersebut.
14. Setelah permintaan berhasil, akan muncul di layar pilihan, "Apakah Anda Ingin Mencetak Resi?" jika anda membutuhkan bukti tanda pembayaran, silahkan pilih 'Ya', lalu ambil kertas tanda bukti pembayaran.
15. Setelah itu ambil kartu Mandiri anda, jika sudah melakukan transaksi.



Mudah sekali bukan Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri (Antar Bank Mandiri) ini? Jika anda mengikuti semua petunjuk yang telah kami berikan, kami yakin anda tidak akan mendapatkan kesulitan apa pun. 
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri (Antar Bank Mandiri). Selamat mencoba!